Sabtu, 15 Maret 2014

Minggu kedua prakerin di PT. Jerbee Indonesia

Assalamualaikum bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik yaa, ok di postingan yg kemarin saya sudah berbagi pengalaman prakerin saya di minggu pertama nah sekarang saya akan bagikan lagi cerita pengalaman prakerin saya di minggu kedua.
Di minggu kedua ini saya sudah mulai mendapatkan banyak pekerjaan bahkan di minggu kedua ini saya sudah mulai kerja turun ke lapangan alias medan perang bagi para orang di TKJ hehe, penasaran kan bagaimana ceritanya? Langsung saja dibaca ya teman-teman


Hari Pertama
Kedatangan rifki dan fuji sebagai siswa prakerin dari SMK Angkasa 1
hal yang saya lakukan di tempat kerja pada hari ini hanya internetan dan sekitar jam 10.00 saya diberi tugas untuk mencari penjelasan tentang perangkat keras komputer dan menuliskannya di blog, dan juga mengikuti presentasi tugas akhir yg dilakukan oleh teman satu sekolah kami yaitu Bagas tentang aplikasi albumize yg dia buat

Hari Kedua
Kedatangan ke setukpa (Sekolah Pembentukan Perwira) untuk yg kedua kalinya bagi saya
Dihari ini PT. Jerbee Indonesia akan melakukan perbaikan dan pengecekan jaringan setukpa (Sekolah Pembentukan Perwira) di sukabumi, 

ini lokasi yg akan menjadi medan perang saya heh :


kebetulan hanya saya siswa prakerin yang pergi bersama pak ihak dan pak Hari Gunawan kesana dikarenakan mobil yg penuh karena barang - barang yang akan kita butuhkan untuk melakukan perbaikan dan pengecekan jaringan nanti. 

ini penampakan barang-barangnya :



ini mobil yg saya naiki : 


Saya bersama pak ihak dan pak Hari Gunawan berangkat dari bandung jam 07.30 dan di perjalanan menuju sukabumi sangat seru sekali malah sempat ada lagu cherrybelle yg terputar di radio mobil yg kami naiki haha.
sekitar jam 11.00 saya, pak ihak dan pak Hari Gunawan sampai di setukpa kami bertiga langsung mencari ruangan pak Eko Widodo sebagai penanggung jawab proyek ini. Setelah kami masuk keruangannya pak Eko widodo wahh!! itu sangat nyaman sekali semua ada. Ada TV besar lengkap dengan 1 set alat karoke, ada meja bilyard dan ruangannya yg luas.
Ok setelah pak ihak dan pak Hari Gunawan berbincang bincang dengan pak Eko widodo kami pun langsung bergegas untuk mengisi kekuatan alias makan siang, kami pun makan siang di kantin setukpa.
Setelah makan siang saya, pak ihak dan pak Hari Gunawan sudah siap untuk beraksi. Dengan didampingi oleh pak Ali (polisi yang sedangpiket) hal yang kami lakukan pertama yaitu mengecek komputer yang ada di laboratorium komputer yang ada di setukpa ternyata kebanyakan komputer yg ada di setukpa itu sistem operasinya masih windows XP.

ini penampakan di dalam lab sistem komputer :
 

setelah itu saya disuruh untuk naik dengan menggunakan tangga untuk mengecek switch di box panel apakah masih aktif atau tidak dan ternyata switch nya masih pada bagus semua,

nih box panelnya :


terus setelah itu saya dan pak ihak mengecek ke setiap kelas apakah access point di setiap kelas ada yang mati. Di sekolah polisi ini setiap kelasnya dipasangi access point.Wahh kerenn!! dan setelah kami mengecek beberapa kelas ternyata ada satu access point yang rusak dikarenakan terkena air hujan yg bocordari atap,saya dan pak ihak pun langsung mengambilnya untuk melakukan perbaikan. 

nih penampakan Access Pointnya :


Setelah itu saya diperintahkan untuk mengecek apakah semua komputer yg ada di kelas tersambung pada jaringan utama atau tidak.
setelah beberapa lama saya mengecek saya menemukan komputer yg tidak terhubung dengan jaringan utama dikarenakan jarak PCdengan port rj45 yg ada di dinding itu jauh sekali jadi saya langsung menuju laboratorium komputer untuk mengambil kabel UTP yg lebih panjang. Setelah beres kami memastikan semua komputer terhubung ke jaringan utama saya, pak ihak dan pak Hari Gunawan langsung ke laboratorium komputer untuk membicarakan soal pemasangan ethernet card wireless di setiap komputer yang ada di kelas, ok setelah semua pekerjaan beres kami pun dari team PT. Jerbee Indonesia sekitar jam 18.30 pulang menuju ke Bandung lagi.
*Dan perlu anda ketahui sahabat, jaringan yg ada di Sekolah Pembentukan Perwira atau bisa disingkat SETUKPA ini bukan jaringan yg kecil loh, disana terdapat sekitar 5 atau 6 tower yg menghubungkan beberapa lokasi di komplek itu. Terbayangkan betapa luasnya hehe

Hari ketiga
seperti biasa hari rabu ini saya habiskan dengan kegiatan searching

Hari keempat
Hari ini kegiatan saya yang pertama adalah beres - beres lingkungan jerbee, yang kedua internetan mencari konfigurasi server di linux, yang ketiga saya disuruh untuk memeriksa apakah ada terminal yang rusak agar diperbaiki tapi terminalnya sudah tidak ada, dan terakhir saya bermain futsal bersama karyawan PT. Jerbee karena di sini setiap hari kamis rutin olahraga futsal

Hari kelima
Dihari ini yg pertama saya lakukan yaitu beres - beres lantai atas dan setelah itu saya ikut membantu membetulkan kamera CCTV yang dianggap rusak tapi ternyata bukan kameranya yang rusak tapi kabel powernya yang rusak dan setelah itu saya mengerjakan tugas yg diberikan oleh pak Hari Gunawan selaku pembimbing saya yaitu tugas menggambar topologi jaringan PT. Jerbee


Sekian dari saya tentang pengalaman prakerin saya di minggu kedua, jangan bosen bosen untuk berkunjung yaa ;)

16 komentar:

  1. sekalian kemping we san haha
    cemungut eaaa hahhaha

    BalasHapus
  2. Mantapp lah jalan-jalan wae batur mah. :)

    BalasHapus
  3. nice gan :D


    komback www.ifadilahproductions.tk/2014/03/prakerin-minggu-kedua-di-pt-telkom.html

    BalasHapus
  4. idih cakep san :D tong hilapnya :3

    BalasHapus
  5. Keren banget ih kaka, hahaha :D

    BalasHapus
  6. ada baju seragam polisi segala aduh.. tapi oke mantap gan haha

    BalasHapus
  7. merek makanannya ga disensor haha..
    semangat gan :)

    BalasHapus
  8. Tidak kerasa udah minggu ke dua lagi :)
    komback kang :D
    http://fikri-imanikamil.blogspot.com/2014/03/prakerin-minggu-ke-dua-di-pt-telkom.html

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, jangan bosan-bosan untuk mengunjungi blogasik yaa ;)